Habitat Persebaran dan Reproduksi Buaya

Habitat dan Persebaran

Persebaran buaya muara adalah yang terluas di dunia. Buaya muara memiliki wilayah perantauan mulai dari perairan teluk Benggala (SriLanka, Bangladesh, India) hingga perairan Polinesia (Kepulauan Fiji Vanuatu) termasuk perairan Indonesia dan Australia serta negara lain di sekitar Indonesia. Habitat kesukaan mereka adalah perairan Indonesia dan Australia.

Saudara sepupu buaya yakni Alligator hanya terdapat di dua negara, yaitu Amerika Serikat dan Cina. Alligator Cina terancam punah dan tinggal jenis yang berada di lembah Yangtze. Alligator Amerika ditemukan di Amerika Serikat
dari Carolina sampai Florida dan Sepanjang Gulf Coast.



Mayoritas Alligator Amerika Tinggal di Floroda dan Lousiana. Di Florida sendiri terdapat lebih dari 1 juta Alligator. Amerika Serikat adalah satu-satunya
negara yang memiliki Alligator dan Buaya. Alligator Amerika tinggal di air tawar, seperti kolam, rawa-rawa, daratan basah dan sungai.

Reproduksi
Famili Crocodylidae merupakan hewan yang berkembang biak secara musiman. Masa kawin pada musim semi ketika air hangat. Famili ini berkembang biak dengan bertelur dan fertilisasinya secara internal. Setelah anaknya menetas, induk buaya melakukan parental care.
sumber:Warta pasar ikan, Dir. Pemasaran dalam negeri, Dirjen P2HP, DKP

No comments:

Post a Comment