KKP, Salurkan Paket Bantuan Langsung ke Masyarakat melalui Pengembangan Usaha Mina Pedesaan.(PUMP)

KKP, Salurkan Paket Bantuan Langsung ke Masyarakat melalui Pengembangan Usaha Mina Pedesaan.(PUMP)

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 396,4 miliar untuk program kewirausahaan. Anggaran tersebut akan disalurkan berupa komponen paket bantuan langsung ke masyarakat melalui pengembangan usaha mina pedesaan (PUMP) dan pengembangan usaha garam rakyat (PUGR) untuk mendukung strategi pemerintah dalam percepatan pengentasan kemiskinan (pro-poor). Alokasi dana PUMP untuk bidang perikanan budidaya (PUMP-PB) sebesar Rp 200 miliar untuk sekitar 2.000 kelompok pembudidaya ikan di 300 kabupaten/kota.

Adapun kriteria umum calon penerima PUMP-PB adalah kelompok usaha skala mikro dengan pengurus dan anggotanya bukan merupakan aparat Dinas atau PNS, berdomisili di desa/kelurahan setempat, berada di dalam satu desa/kelurahan yang sama; serta tercatat dan di bawah binaan Dinas Kabupaten/Kota.

PUMP-PB merupakan salah satu program besar (grand strategy) KKP periode 2010-1014 sebagai kegiatan pemberdayaan masyarakat kelautan dan perikanan dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja. Namun demikian, program PUMP-PB ini baru bisa berlangsung pada 2011 di mana persyaratan dan prosedurnya akan ditetapkan dalam bentuk Pedoman Teknis PUMP Perikanan Budidaya.......selanjutnya

sumber : http://www.perikanan-budidaya.kkp.go.id

No comments:

Post a Comment