Tips Memelihara Ikan Di Akuarium

Tips Memelihara Ikan Di Akuarium

Ingin Memulai memelihara ikan di akuarium, berikut ini beberapa tips sederhana yang bisa anda ikuti:

a. Pertama anda harus memutuskan jenis tipe akuarium apa yang akan anda pilih, bahan dan bentuk akuarium juga menentukan dalam penentuan pemilihan akuarium. Bahan dari kaca merupakan bahan akuarium yang umum digunakan, kaca bisa memberikan pandangan yang jelas kepada ikan sehingga keindahan ikan dapat dinikmati. Bentuk akuarium segi empat merupakan bentuk yang konvensional. Dalam Penentuan Jenis, bentuk dan bahan tergantung dari kebutuhan anda, anda dapat bertanya atau berkonsultansi kepada ahli budidaya ikan dalam hal penentuan bentuk dan jenis akuarium ini.Sebelum anda membawa akuarium yang anda beli anda harus mencobanya dengan memasukan sedikit air ke dalam akuarium untuk mengetes ada tidaknya kebocoran pada akuarium.

b. Kedua, anda harus memutuskan dimana anda hendak menaruh akuarium. Dalam memilih tempat untuk menaruh akuarium pilih tempat yang aman dimana tidak banyak orang yang sering mengganggu dan menggapai akuarium. Lorong-lorong dan sudut yang banyak dilalui orang perlu dihindari dalam penempatan akuarium ini. Bila perlu anda membeli meja akuarium untuk menghindari tersandungnya kaki orang. Penempatan akuarium bisa di ruang tamu, ruang makan atau bisa juga di kamar tidur anda.

c. ketiga, pada akuarium perlu dilengkapi beberapa kebutuhan akuarium seperti sistem pencahayaan, filter, pemanas, aerator, substrat dan aksesoris. Dalam pemilihan substrat hindari substrat yang berwarna-warni, substrat yang berwarna warni dapat mengiritasi dan mengganggu ikan. Pemanas air atau heater merupakan salah satu kebutuhan dalam akuarium heater ini membantu menjaga kestabilan suhu air.

d. Memilih Jenis ikan. dalam memilih jenis ikan perlu mempertimbangkan banyak hal. salah satunya adalah gaya hidup anda. bila anda termasuk orang yang sibuk maka jenis ikan yang dipilih yaitu jenis ikan yang dapat berkembang tanpa perlu perhatian yang banyak.Jenis ikan mas dan Cichlids cocok bagi pemula yang baru mulai untuk memelihara ikan hias di rumahnya. Selanjutnya anda juga dapat memilih jenis ikan lainnya sesuai dengan hobi dan kesukaan anda seperti ikan arwana, lohan, discus, oskar dll.

No comments:

Post a Comment