jenis-jenis ikan mas yang digolongkan ke dalam ikan hias

Ras Kumpay
Ciri yang menonjol dari ras ini adalah semua siripnya berukuran panjang dan berumbai, sehingga terlihat indah saat berenang. Warna sisiknya sangat bervariasi, mulai dari warna putih, kuning, merah, hingga hijau gelap. Bentuk tubuhnya memanjang seperti ras sinyonya. Pertumbuhannya relatif lambat. Kadang-kadang, ras ini juga dimanfaatkanan sebagai ikan konsumsi.

Ras Kancra Domas
Bentuk tubuh ras ini memanjang. Gerakannya mirip ikan mas taiwan, yaitu selalu aktif dan kurang jinak. Sisiknya berukuran kecil dan tidak beraturan dengan warna yang beragam, ada biru, cokelat, atau hijau. Sisik di daerah punggung berwarna gelap dan semakin ke arah perut warnanya semakin terang keperakan atau keemasan.

Ras Kaca
Ciri khas ras ini adalah tidak seluruh tubuhnya tertutup sisik. Bagian yang tidak tertutup sisik sepintas seperti kaca bening. Mungkin karena itulah, ras ini disebut dengan ras kaca. Sisiknya hanya terdapat di sebagian kecil bagian tubuhnya, yaitu di sepanjang gurat sisi (linea lateralis) dan di sekitar pangkal sirip yang memiliki sisik berwarna putih mengkilap. Ukuran sisiknya relatif besar dengan ukuran tidak seragam.

Ras Fancy
Bentuk tubuh ras ini memanjang. Warna sisiknya bervariasi, ada putih, kuning, merah, hingga totol-totol berwarna hitam. Karena warna tubuhnya yang bervariasi, ras ini sering juga disebut dengan Koilokal.


Ras Koi
Ras ini berasal dari Jepang.sebagian orang mengatakan bahwa ras ini mulai populer di Indonesia sejak tahum 1980-an. Bentuk tubuhnya bulat memanjang. Warna sisiknya bervariasi, mulai dari putih, kuning, merah menyala, hitam, atau kombinasi dari warna-warna tersebut. Para konsumen umumnya menyukai jenis Koi bastar yang mempunyai totol-totol dengan warna tertentu. Gerakannya lambat dan cukup jinak. Ras koi mempunyai bermacam-macarn nama sesuai dengan warna tubuhnya, milsalnya platinum nishikigoi, shusui nishikigoi, shusi nishikigoi, kohaku nishikigoi, atau taishusanshoku nishikigoi.
sumber : Khairul Amri, S.Pi, M.Si dan Khairuman, S.P, AgroMedia Pustaka, 2008

No comments:

Post a Comment