Budidaya Ikan Di Danau Padang Golf

Budidaya Ikan Di Danau Padang Golf


Dalam rangka mengejar target produksi 353 % pada tahun 2015 nanti, Direktorat jenderal perikanan Budidaya tidak main-main dalam memajukan budidaya ikan. Segala bentuk lahan yang sekiranya dapat dijadikan untuk budidaya ikan, akan dijadikan lahan untuk perikanan budidaya.

Belum lama ini, DJPB telah berupaya melakukan terobosan dengan melakukan budidaya ikan nila dan ikan patin di lahan danau padang golf Markas Besar Tentara Indonesia, Cilangkap jakarta.

Dalam satu kesempatan, Sekretaris Direktorat Jenderal, Ir. Syamsuddin, menawarkan untuk melakukan restocking (penebaran benih ikan air tawar) di sebuah danau yang biasa dilewati ketika bermain golf. Ide ini tidak datang dengan sendirinya, namun dari banyak pertemuan dalam berolah raga golf.

Bahwa kepekaan para Pejabat lingkup Direktorat jenderal perikanan pada lingkungan untuk dijadikan lahan dalam budidaya membuat DJPB berkeyakinan, bahwa potensi lahan yang ada di sekitar dapat dijadikann lahan untuk membudidayakan ikan.

Pada tanggal 19 September 2010, sehabis main golf, Sesditjen Perikanan Budidaya, Ir. Syamsuddin dan dampingi pejabat eselon III diterima Letkol Infantri Drs. Eko Nusantara, Mewakili Kepala Padang Golf Mabes Tentara Nasional Indonesia. Melakukan restocking di danau sekitar Lapangan golf.

Jenis komoditas yang ditebar di danau Adapun jenis ikan yang ditebar adalaah Ikan Nila sebanyak 7500 (tujuh ribu lima ratus ribu) benih ikan nila ukuran 5-8 cm, dan sebanyak 7500 (tujuh ribu lima ratus) ikan lele ukuran 5-7 cm). Dalam tiga bulan mendatang hasil restocking ini dapat dipanen.

Letkol Infantri Drs. Eko Nusantara, Mewakili Kepala Padang Golf Mabes Tentara Nasional Indonesia sangat senang dan antuasi dalam acara ini. Menurut beliau tidak menutup kemungkinan di masa mendatang lahan danau ini dimanfaatkan untuk budidaya ikan.

Sementara itu Sisditjenkan Budidaya, Ir. Syamsuddin mengungkapkan di Jabotabek ada sekitar 33 danau serupa, dan dimungkinkan untuk ditebar benih ikan nila, patin dan lele. “restocking di Danau Padang Golf Mabes Ini baru penjajakan. Di masa mendatang kita akan juga menebar benih ikan air tawar lainnya”.

Sesditjenkan Budidaya memproyeksikan, bila ke 33 danau ditebar ikan masing-masing danau di 1 juta ekor. Dalam waktu hanya tiga bulan dapat menghasilkan tak kurang dari 33 juta ton ikan. “katakan ikannya yang hidup hanya 50%. Berarti tak kurang dari 15 juta ton bisa dipanen” ungkap Sesditjen optimis.

Sesditjenkan Budidaya, sedang menebar ikan di Danau PAdang Golf

sumber : http://www.perikanan-budidaya.dkp.go.id

No comments:

Post a Comment