Budidayakan Kepiting Ekspor

Budidayakan Kepiting Ekspor

Permintaan dari Jepang Mengalir

TAKALAR, KOMPAS - Demi keberlanjutan kegiatan ekspor daging rajungan ke Jepang, warga pesisir Galesong, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, didorong membudidayakan kepiting laut tersebut. Langkah itu sekaligus menjawab fenomena menyusutnya populasi rajungan di perairan Galesong dua tahun terakhir.

HiTiu.iw-.iti (32). pengusaha di Desa Bontosunggu. Kecamatan Galesong Utara. Kamis (8/9), mengatakan, pengusaha daging rajungan di Desa Bontosunggu mengaku sudah tidak mampu memenuhi pesanan eksportir setiap hari. Suplai ke sejumlah eksportir daging rajungan ke Jepang kini dilakukan seminggu sekali

Persediaan yang kian menipis akibat eksploitasi menyebabkan pengusaha sulit memenuhi permintaan ekspor daging rajungan ke Jepang yang terus meningkat dari 584 ton pada tahun 2007 menjadi 774 ton tahun lala

"Dulu, nelayan mampu mendapatkan 15-20 kilogram (kg) rajungan dengan berlayar sejauh 1 kilometer, tetapi kini rata-rata hanya dapat 1-2 ekor," katanya.

Kini nelayan harus berlayar hingga Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep) dan Barru untuk mendapatkan rajungan.

Kondisi serupa dialami Hos-mah (38), pengusaha lainnya Minimnya pasokan dari nelayan membuat dia beralih menekuni usaha telur ikan terbang. Ia pernah memodali nelayan Rp 5 juta agar mencari rajungan ke Pangkep dan Barru, tetapi rugi karena umumnya rajungan sudah tidak segar lagi.

Bontosunggu dikenal sebagai sentra usaha daging rajungan. Di desa ini terdapat 10 pengusaha kepiting dengan 200 nelayan. Namun, merosotnya bahan baku rajungan membuat satu per satu usaha gulung tikar. Kini tinggal tersisa tiga UMKM. Mereka masih menyuplai daging kepiting ke sejumlah eksportir, seperti PT Nuansa Cipta Magello, PT Phillips Seafood Indonesia, dan PT Makmur Hasil Bahari seharga Rp 125.000 per kg.

Agar usaha itu kembali menggeliat, pengusaha dan nelayan membenihkan rajungan. Di bawah bimbingan tim dari Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Hasanuddin (Unhas), warga memanfaatkan bak-bak bekas pembenihan udang di belakang rumah masing-masing.

Guru Besar Perikanan dan Kelautan Unhas Yushinta Fujaya mengatakan, pembenihan yang telah diuji coba sejak dua bulan lalu berhasil mengembangbiak-kan induk rajungan. Apalagi, pembibitan menggunakan bak-bak bekas pembenihan udang berukuran 2x5 metermampu memacu tingkat kehidupan anakan rajungan. Satu ekor induk berbobot 100 gram bisa menuai 150.000 anakan.

Tambak mendangkal

Kontras dengan geliat ekonomi di Galesong, kehidupan warga di pesisir Teritip Mangkrak, Balikpapan, Kalimantan Timur, justru murung. Sekitar 150 hektar tambak milik warga setempat tidak terurus dan tak ditebari benur ikan dan udang. Pendangkalan tambak yang tidak terkendali menjadi penyebab. Selain itu, petambak menduga air tambak mengandung minyak. Siduriyani. petambak warga Pantai Empang RT 7 Teritip, mengatakan, sudah 10 tahun tambaknya tidak aktif. Halwin. warga RT 20 Gunung Tembak, Teritip, mengutarakan, tahun 2005 ia pernah menekuni usaha tambak. Ia gulung tikar karena lahan tidak produktif.

OUZ/PRA)

Sumber : Kompas 09 September 2011,hal. 21

No comments:

Post a Comment