Peranan Kuning Telur Ikan

Telur ikan vivipar mempunyai kuning telur yang sudah sangat tereduksi dan pada perkembangan awal hidup anaknya, di dalam tubuh induk mendapat makanan dari induk.

Telur ikan ovovivipar mempunyai kuning telur lebih banyak, yang berguna untuk makanan anaknya ketika berada dalam tubuh induknya, dimana dalam hal ini ada sebagian dari induk tadi hanya sebagai pelindung saja. Sedangkan pada ikan ovipar telurnyajuga banyak mengandung kuning telur yang berguna untuk anak ikan mengawali daur hidupnya di luar tubuh ikan.

Pemijahan pada golongan vivipar atau ovovivipar tidak selamanya diikuti oleh pembuahan dan perkembangan hasil persatuan telur dengan sperma di dalam tubuh induk betina.

Untuk berhasilnya pembuahan pada golongan ikan ini, seperti telah dikemukakan bahwa ikan ini mempunyai alat pembantu yaitu bagian sirip dubur yang telah berubah bentuknya atau genital pabilla yang membesar yang dinamakan "pseudopenis".

Tetapi sebaliknya pada ikan Apogonimberis urogenital papillanya pada ikan dapat ditonjolkan dan disentuhkan untuk menerima sperma dari ikan jantan.
Pada ikan Orthonopias tiacis oviductnya dapat ditonjolkan untuk menerima sperma pada waktu berlangsungnya kopulasi.

sumber : M. Ichsan Effendie, 1997

No comments:

Post a Comment