Golongan Kerapu

Golongan Kerapu

Ikan-ikan dari golongan ini mempunyai nilai pasar yang tinggi meskipun tingkat harga tergantung pada spesies. Di kalangan internasional, ikan ini dinamakan grouper dan dipasarkan dalam keadaan hidup. Ikan kerapu di alam tergolong karnivora yang memakan ikan, udang, dan Crustacea. Ikan dari golongan famili Serranidae ini mempunyai lebih dari 46 spesies yang hidup tersebar dengan tipe habitat yang beragam dan hanya beberapa jenis yang telah dibudidayakan.
Kerapu tikus (Chromileptes altivelis) merupakan jenis kerapu yang saat ini paling mahal. Ikan ini mempunyai bentuk agak pipih yang bila diperhatikan warna dasarnya abu-abu dengan bintik hitam pada badannya. Ikan yang muda merupakan ikan hias laut yang mempunyai bintik lebih besar serta lebih sedikit dibanding ikan yang lebih tua. Lain halnya kerapu jenis sunuk/lodi atau yang dikenal dengan coral trout, kerapu jenis ini mempunyai bentuk memanjang dan agak gilig. Kerapu sunuk merupakan golongan kerapu genus Plectropomus. Dari genus ini kurang lebih ada delapan spesies yang hidup di Indonesia, tetapi yang paling umum dibudidayakan adalah kerapu merah jenis Pfectrof5omus maculatus dan P. leopardus.
Kerapu merah jenis Plectropomus maculatus dan P. leopardus terkadang berubah warnanya menjadi cokelat. Perubahan warna terjadi bila kondisi berubah, misalkan dalam keadaan stres. Bintik-bintik



Kerapu tikus (Chromileptes altivelis) paling mahal harganya
Dibandingkan kerapu jenis lainnya


Kerapu merah (Plectropomus maculatus) akan berubah warna menjadi
Cokelat dalam keadaan stress






Kerapu Lumpur (Epenephelus suillus) mempunyai bintik cokelat dan pita
Vertical berwarna gelap


Kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus) mempunyai bintik cokelat
Yang lebih rapat daripada kerapu Lumpur sehingga
Badannya berwarna lebih gelap

berwarna biru dengan tepi berwarna lebih gelap dan enam pita berwarna gelap pada tubuhnya merupakan ciri khas kerapu jenis ini. Bintik-bindk pada P. maculatus lebih besar dan bentuk bintiknya tidak beraturan. Pita-pita gelap tersebut terkadang tidak tampak.
Golongan kerapu yang paling banyak jenisnya adalah dari genus Epinephelus. Namun, yang paling dikenal dan dibudidayakan adalah kerapu lumpur Epinephelus suillus (dulu dikenal E. tauvina) dan kerapu macan (Epinephelus fuscoguttatus). Golongan Epinephelus mempunyai bentuk badan memanjang dan gilig. Badan kerapu lumpur mempunyai wama dasar abu-abu muda dengan bintik cokelat dan lima pita vertikal berwarna gelap. Badan kerapu macan lebih tinggi dengan bintik yang rapat berwarna gelap. Strip dada kerapu.macan berwarna kemerahan, sedangkan bagian pinggir sirip-sirip yang lain cokelat kemerahan.

No comments:

Post a Comment