TEKNIK PEMBENIHAN UDANG GALAH (Macrobrachium rosenbergii de man)

I. PENDAHULUAN
Udang galah (Macrobrachium rosenbergii de man) merupakan salah satu komoditas perikanan yang bernilai ekonomis tinggi baik untuk konsumsi dalam negeri maupu ekspor. Permintaan pasarpun semakin meningkat, sedangkan penangkapan udang galah di alam semakin sulit, sehingga perlu dikembangkan usaha budidayanya. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan benih dalam dalam jumlah yang cukup dan kualitas yang baik, salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan melakukan pembenihan.

II. BIOLOGI
Udang galah termasuk famili Palamonidae dengan species Macrobrachium resenbergii. Badan udang terdiri dari tiga bagian : Kepala dan dada (Cephalotorax), badan (abdomen) serta ekor (uropoda). Cephalotorax dibungkus oleh kulit keras, dibagian depan kepala terdapat tonjolan karapas yang bergerigi disebut rostrum padabagian atas sebanyak 11 s/d 13 buah dan bagian bawah 8 s/d 14 buah. Pada udang jantan pasangan kaki jalan kedua tubuh panjang dan cukup besar dapat mencapai 1,5 kali panjang badan, sedangkan pada betina relatif kecil.
Udang galah hidup pada dua habitat, pada stadia larva hidup diair payau dan kembali ke air tawar pada stadia juwana hingga dewasa. Pada stadia larva perubahan metamorfose terjadi sebanyak 11 kali dan berlangsung selama 30 s/d 35 hari. Udang galah bersifat omnivora,cendrung aktif pada malam hari.

III. PEMBENIHAN
A. Seleksi Induk
Beberapa persyaratan induk :
- Ukuran induk betina diatas 40 gr dan jantan diatas 50 gr.
- Jumlah telur cukup banyak.
- Badan bersih, baik dari kotoran maupun organisme yang bersifat parasit.
- Umur induk antara 8 s/d 20 bulan.
- Memilih induk yang sudah matang telur untuk yang kedua kali dan seterusnya.
- Berasal dari udang yang pertumbuhannya cepat.

B. Pemeliharaan Induk
Induk dipelihara di kolam dengankepadatan 4 ekor/m2 , diberi pakanberupa pellet dengan kandungan protein 30 % sebanyak 5 % dari berat tubuh . Pada pemeliharaan induk ini, induk jantan dan betina sebaiknya dipelihara secara terpisah, baik dikolam maupun dibak beton dilengkapi dengan pintu pemasokan dan pengeluaran dengan kedalaman 80 s/d 100 cm.

E. Pemeliharaan Larva
Pemeliharan larva udang galah dilakukan pada bak bulat (conicle tank dari fiberglass). Hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan tersebut antara lain kualitas air dan pemberian pakan. Ukuran pakan harus disesuaikan dengan bukan mulut larva. Pada hari ke 3 setelah penetasan diberi pakan nauplii “Artemia” dengan frekuensi pemberian pakan 3 jam sekali.
Penggantian air dilakukan setiap hari sebanyak 25 s/d 50, sebelumnya kotoran dibersihkan dengan cara disipon. Salinitas media pemeliharaan lavra dipertahankan 10 s/d 12 ppt. Setelah menjadi juwana salinitas media diturunkan secara bertahap menjadi 0 ppt kemudian kemudian juwana siap dipasarkan atau ditebar kekolam untuk dibesarkan sampai ukuran konsumsi.

III. PENYAKIT
Penyakit merupakan salah satu factor pembatas keberhasilan pembenihan udang galah. Penyakit yang biasa timbul adalah penyakit bacterial yang bersal dari air laut yaitu Vibrio sp. Dengan ditandai semacam stress, fluorisensi pada laeva yang mati dan terjadi kematian massal dalam waktu yang singkat.
Untuk mencekgah terjadinya serangan bacterial perlu adanya “Chlorinisasi” media dan pengeringan fasilitas selama 7 hari. Jika sudah terserang, pengobatannya menggunakan antibiotik dengan dosis 11 s/d 13 ppm, dengan cara perendaman selama 3 hari.

No comments:

Post a Comment