Pendederan ikan gurame

Pendederan ikan gurame

Pendederan adalah pemeliharaan benih gurami. Pemeliharaan
dimulai dari benih sebesar biji oyong atau larva yang berasal dari pembenihan (berat 10 gram per ekor). Namun, ada juga peternak yang menggunakan benih berukuran 50 gram per ekor yang dipelihara. selama enam bulan hingga mencapai ukuran tampelan atau gampit (75-100 gram per ekor).


Selama pendederan,untuk benih berukuran tebar 20 gram per ekor, setiap hari diberi pakan buatan berupa pelet dengan kandungan protein 26% sebanyak 1,5-2% dari bobot badan. Selain itu juga ditambah daun talas yang dicincang kecil-kecil sebanyak 5% dari bobot badan. Pakan buatan diberikan 2-3 kali sehari, sedangkan daun talas diberikan 1 kali dalam sehari. Sebaiknya, pakan buatan yang diberikan mengandung atau ditambah enzim complek sebanyak 2% dari berat badan.

Benih ukuran tebar 50 gram per ekor, setiap, hari diberi pakan buatan berupa pelet dengan kandungan protein 26% sebanyak 2-3% dari bobot badan. Selain itu juga ditambah daun talas yang dicincang kecil-kecil sebanyak 5% dari berat badan atau diberi tumbuhan air berupa Azzola dan Lemna.

Selain itu, pakan alami berupa kangkung segar bisa diberikan dengan dosis 10% dari bobot badan per minggu. Pemberian pakan untuk benih dilakukan dengan cara menebarkannya di lokasi-lokasi tertentu yang sudah biasa didatangi ikan pada saat diberi makan.
sumber : Khairul Amri, S.Pi, M.Si dan Khairuman, S.P, AgroMedia Pustaka, 2008

No comments:

Post a Comment