TEKNOLOGI PENGOLAHAN TAHU IKAN (FISH TOFU)

TEKNOLOGI PENGOLAHAN TAHU IKAN (FISH TOFU)


Deskripsi Teknologi

Diversifikasi produk olahan tahu ikan merupakan, produk berkombinasi diantara tahu yang berasal dari biji-bijian atau kedelai dan daging ikan yang berasal dari habitat perairan baik laut maupun perairan air tawar, sehingga terjadilah bentuk olahan tahu ikan.


Tahu ikan merupakan olahan yang dapat memperkaya protein sehingga orang akan menyukainya baik protein hewani maupun protein nabati, dalam hal ini perlu diketahui bahwa olahan tahu ikan perlu diketahui dari segi kenampakan, rasa, bau dan tekstur.

Aspek Inovatif
Teknologi pengolahan tahu ikan pada saat ini sudah berkembang di berbagai wilayah dan sejalan dengan perkembangan kehidupan masyarakat. Diversifikasi produk ini cukup, disenangi oleh masyarakat yang dapat dianalisa cukup kaya nilai gizi dan proteinnya.
Untuk itu dalam proses pembuatan produk tahu ikan cukup sedehana, praktis, dan mudah didapat baik dari bahan baku maupun bahan tambahan tainnya. Untuk mendapatkan bahan baku daging ikan lebih mudah dibandingkan dengan bahan tambahan jenis bahan tambahan lainnya.

Pengolahan produk tahu ikan mudah diaplikasikan ke seluruh elemen masyarakat. Selain itu produk ini menggunakan bahan baku yang memiliki nilai ekonomis rendah sehingga memberikan nilai tambah dan clean technology untuk industri pengolahan hasil perikanan.

Keunggulan
O Cara penyajian sangat praktis
• Nilai nutrisi yang cukup tinggi
• Memiliki umur simpan yang lama
• Menggunakan bahan baku yang murah dan mudah didapat
• Memperkaya gizi dan protein dalam produk perikanan
sumber : Balai Besar Pengembangan dan Pengendalian Hasil Perikanan, DKP 2009

No comments:

Post a Comment