Batik Ikan

Batik Ikan


Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad (58) mempunyai cara tersendiri untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat kepada laut. Salah satunya adalah lewat batik. Ia mengembangkan batik bermotifkan ikan.

Pada salah satu pakaian batik yang dikenakannya, ikan beragam jenis seperti berenang di sela-sela terumbu karang.

”Batik motif ikan (seperti ini) sangat unik,” kata mantan Gubernur Gorontalo (2001-2009) ini saat berkunjung ke kantor Redaksi Kompas untuk berbicara pada diskusi ”Mengoptimalkan Potensi Kelautan”, Kamis (11/2).

Selain menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap laut, langkah ini pun dia yakini bisa merangsang para pembatik untuk membuat kreasi-kreasi baru dengan motif ikan, udang, cumi, dan beragam biota laut lain. Langkah seperti itu tentu akan semakin memperkaya motif batik yang telah ada sebelumnya di negeri ini.

Batik yang dikenakan Fadel dibuat di sentra industri batik Trusmi, Cirebon, Jawa Barat, yang juga merupakan daerah pesisir.

”Pengerjaan batiknya rapi, detail, dan harganya murah,” kata lulusan Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1978 ini setengah berpromosi. Sayang, Fadel tidak menyebut berapa persisnya harga batik yang dibilangnya murah itu.... (THY)

Sumber : Kompas. 13 Februari 2010 Hal 32

cetak halaman ini

No comments:

Post a Comment