Anggaran Perikanan Diusulkan Rp6,09 Triliun

Anggaran Perikanan Diusulkan Rp6,09 Triliun



Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengajukan usulan pagu sementara sebesar Rp6,09 triliun kepada DPR guna mencapai visinya untuk kesejahteraan masyarakat khususnya nelayan.Beberapa hal yang diusulkan untuk dapat dialokasikan dalam pagu sementara tahun 2011 dengan tujuan pengembangan program minapolitan, pengembangan pulau-pulau kecil," kata Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad, dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Jakarta, kemarin.

Menurutnya, penambahan anggaran itu bertujuan untuk pengembangan program minapolitan, pengembangan pulau-pulau kecil sehingga bernilai ekonomi, pengembangan integrated surveillance system dan peningkatan kapasitas dalam rangka mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Fadel juga menjelaskan, usulan pagu sementara tersebut nantinya akan digunakan untuk memewujudkan arah kebijakan dan strategi KKP sebagaimana yang terdapat dalam 10 arahan presiden.

Dalam penjabaran 10 arahan tersebut KKP telah menentukan kebijakan dan strategi dengan mengembangkan minapolitan yang mampu menghasilkan produk unggulan, memberikan bantuan dan pengembangan wirausaha mandiri perikanan, meningkatkan akses modal masyarakat kelautan dan perikanan kepada sumber ekonomi. "Selain itu KKP juga telah melakukan restrukturisasi armada perikanan menuju eliminasi perahu tanpa motor, pengembangan sentra pengolahan di kawasan minapolitan, serta rehabilitasi kawasam pesisir serta ekosistem terumbu karang,kata dia menjelaskan. Yogyo


Sumber : Jurnal Nasional 3 Juni 2010,hal. 10

No comments:

Post a Comment