TOKO PERALATAN MELUKIS

TOKO PERALATAN MELUKIS

1 Gambaran Tentang Bisnis ini
Salah satU bisnis yang ikut memanfaatkan perkembangan teknologi antara lain toko peralatan melukis. Seperti namanya, bisnis ini bergelut dengan penjualan alat-alat untuk melukis mulai dari kanvas, kuas, cat, dan lain sebagainya. Secara sekilas bisnis ini sepertinya kurang menjanjikan mengingat tidak banyak orang yang berprofesi sebagai pelukis.



Namun, jika ditilik lebih dalam bisnis ini justru memiliki peluang pasar yang cukup besar. Peralatan melukis biasanya dijual di toko-toko stationery dan itu pun dalam ragam dan kuantitas yang terbatas. Hal ini mengakibatkan peralatan melukis seolah-olah langka di pasaran. Oleh sebab itu, bisnis toko online peralatan melukis ini secara khusus menyediakan alat-alat melukis dengan jenis yang beragam.


1.2 Keahlian yang Dibutuhkan
Untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus memiliki pengetahuan tentang dunia seni lukis. Paling tidak, Anda harus tahu persis peralatan melukis apa saja yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Sama dengan dunia teknologi, peralatan melukis berkembang dari jaman ke jaman yang harus diikuti secara cermat.



1.3 Modal Awal yang Dibutuhkan
Bisnis ini hanya membutuhkan hosting server, domain, website, koneksi internet, dan tentunya produk yang akan dijual. Untuk menyediakan hosting server, domain, dan website, Anda bisa menggunakan jasa provider yang banyak tersedia di dunia maya Demikian pula untuk koneksi internet, Anda bisa memilih operator seluler yang menawarkan harga murah. Sementara untuk, produk, yang akan dijual, Anda tidak perlu memiliki stok karena Anda bisa bekerja sama dengan produsen atau agen-agen yang bersangkutan sehingga Anda hanya perlu membeli produk itu ketika mendapat pesanan. Dengan demikian, modal awal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini berkisar antara Rp 1.686.000,- hingga Rp 2.000.000,- saja.

1.4 Jumlah Pegawai yang Dibutuhkan
Jika Anda mempertimbangkan untuk menyewa pegawai, maka Anda bisa merekrut seorang karyawan untuk membantu Anda
minimal untuk urusan pengiriman barang. Tugas ini sepertinya sepele, tapi merepotkan. Barang harus diambil dari toko (jika tidak ada gudang sendiri), di-packing, dan kemudian dikirim.

1.5 Teknik Marketing dan Promosi yang Digunakan,

Untuk mempromosikan bisnis ini, terdapat beberapa teknik yang bisa dilakukan, yaitu:
• Membangun link pada situs-situs lain seperti social networking (Facebook, Friendster, MySpace, dan lain sebagainya) serta photo sharing (Flickr, Photobucket, dan lain sebagainya).
• Berpartisipasi dalam forum diskusi yang menyajikan tema sesuai dengan bisnis Anda.
• Memberikan komentar pada artikel di situs lain yang memiliki keterkaitan dengan bisnis Anda dan jangan lupa untuk menampilkan link website Anda di dalamnya.
Menyediakan layanan informasi mengenai penawaran produk baru atau program potongan harga secara periodik kepada konsumen melalui email.


1.6 Hal penting yang Perlu Diketahui Tentang Bisnis ini

Dalam menjalankan bisnis ini, Anda harus memahami beberapa hal yang sifatnya krusial- Mengingat bisnis berpedoman pada website, Anda harus senantiasa mengupdate konten website secara berkesinambungan. Berkaitan dengan hal tersebut, tentunya Anda juga harus memahami tentang teknis pengelolaan website. Hal ini dimaksudkan agar calon konsumen dapat memperoleh informasi terbaru mengenai jenis dan harga produk yang Anda tawarkan. Hal lain yang penting diperhatikan adalah ketepatan waktu dalam pengiriman produk pesanan.


1.7 Penghasilan Tambahan dalam Bisnis ini

Bisnis toko peralatan melukis secara online berpeluang memberikan Anda penghasilan tambahan. Bagaimana caranya? Anda bisa melelang lukisan hasil karya konsumen melalui website Anda. Di sini Anda bisa menentukan pembagian hasil dari penjualan, misalnya 20% dari penjualan atau bahkan lebih. Anda tidak perlu menjual produk hasil karya sendiri untuk memperoleh penghasilan baik yang sifatnya pokok maupun tambahan.


1.8 Studi Kasus
MisterArt merupakan sebuah toko online yang memberikan harga khusus atas produk yang dijualnya. Secara umum toko ini tidak hanya menawarkan produk-produk peralatan melukis saja tetapi juga kerajinan, buku, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, peralatan melukis merupakan produk utama toko online ini.


Dalam melayani pelanggan dan konsumennya, MisterArt menyediakan fasilitas keanggotaan VIP. Bagi Para anggota VIP, MisterArt memberikan potongan harga khusus atas setiap pembelian produknya. Untuk menjadi anggota VIP situs ini caranya mudah yaitu hanya dengan membayar uang sebesar $25.00 setiap tahun.

sumber : Jubilee Enterprise, 2009


No comments:

Post a Comment