USAHA LAYANAN ADMINISTRASI ONLINE

LAYANAN ADMINISTRASI ONLINE
JENIS USAHA BISNIS ONLINE SAMBILAN



2.1 Gambaran Tentang Bisnis ini

Dalam operasional perusahaan tidak bisa lepas dari kegiatan administrasi. Segala sesuatu yang terjadi dalam perusahaan harus dicatat dan diarsipkan baik itu inventaris kantor, data penjualan dan pembelian, produksi, keuangan, dan lain sebagainya. Banyaknya aktivitas administrasi ini menuntut perusahaan untuk memiliki tenaga administrasi yang dapat diandalkan.

Namun, tidak semua perusahaan menemukan tenaga administrasi sesuai dengan keinginannya yaitu mampu bekerja cepat, cermat, dan teliti. Selain itu, untuk alasan efisiensi tidak sedikit perusahaan yang keberatan jika harus mempekerjakan tenaga administrasi dalam jumlah yang cukup banyak.

Kesulitan yang dihadapi oleh banyak perusahaan berkenaan dengan tugas-tugas administrasi dapat menjadi peluang bagi munculnya bisnis baru, yaitu layanan administrasi online. Bisnis ini bergerak di bidang jasa yang memberikan layanan administrasi kepada perusahaan-perusahaan (outsourcing) seperti pembukuan, pengarsipan, dan lain sebagainya.


2.2 Keahlian yang Dibutuhkan
Agar berjalan dengan lancar, Anda harus memiliki keahlian organisasi arsip agar dapat mengarsipkan data-data akuntansi, pengarsipan Surat, dan administrasi-administrasi lainnya.


2.3 Modal Awal yang Dibutuhkan
Sebagai bisnis online, modal awal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini tidaklah terlalu besar. Anda hanya cukup memiliki sebuah website. Nah, untuk menciptakan website tersebut dibutuhkan hosting server, domain, koneksi internet, dan desain web. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, minimal harus mengeluarkan modal berkisar antara Rp 2.000.000,- hingga Rp 2.500.000,-. Agar modal tidak membengkak, Anda bisa menjalankan bisnis ini di rumah sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran untuk biaya sewa kantor, listrik, telepon, dan lain sebagainya.



2.4 Jumlah Pegawai yang Dibutuhkan
Jika Anda memiliki keahlian yang dibutuhkan, maka Anda bisa menjalankan bisnis ini seorang diri. Pada awalnya bekerja seorang diri memang menguras tenaga dan pikiran. Namun, dengan begitu Anda bisa lebih mudah mengorganisasikan pekerjaan dan mengendalikan tugas-tugas yang masuk. Apabila bisnis Anda telah berjalan dengan lancar dan mengalami perkembangan yang signifikan, maka Anda bisa merekrut seorang karyawan. Karyawan tersebut haruslah memiliki keahlian dasar berkenaan dengan tugas-tugas administrasi_


2.5 Potensi Pasar
Meskipun berbasis bisnis online, namun pasar sasaran dari bisnis ini tidak menjangkau pasar internasional, tetapi hanya lokal dan
nasional saja. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan adanya perbedaan peraturan perundang-undangan berkenaan dengan ketentuan akuntansi dan perpajakan di setiap negara. Perbedaan ini bisa menimbulkan kerancuan dan kesalahpahaman dalam pembuatan laporan keuangan perusahaan.

Oleh sebab itu, potensi pasar dari bisnis ini adalah pasar lokal dan nasional yang berada dalam jangkauan hukum administrasi yang sama. Meskipun demikian, Anda tidak perlu berkecil hati, mengingat negara Indonesia sendiri memiliki banyak perusahaan balk berskala kecil, menengah, dan besar yang membutuhkan jasa dari bisnis asosiasi manajemen ini.


2.6 Penghasilan Tambahan dalam Bisnis ini
Dari bisnis ini Anda bisa memperoleh penghasilan tambahan, di antaranya adalah menyediakan layanan promosi bagi perusahaan klien melalui website Anda. Jika jumlah klien yang Anda tangani cukup banyak, Anda bisa menyelenggarakan sistem keanggotaan dengan membuat semacam bulletin yang diedarkan ke seluruh anggota.


2.7 Studi Kasus
Bisnis outsourcing pengarsipan dokumen di Indonesia memang belum banyak dikembangkan. Namun, bisnis ini telah banyak ditemui di negara-negara maju seperti Amerika Serila dan negara-negara di Eropa. Salah satunya adalah SmithBucklin. SmithBucklin mulai dirintis oleh William E. Smith pada tahun 1949 di pusat kota Chicago.


Pada awal berdirinya, SmithBucklin telah mampu menyedot perhatian dari 9 (Sembilan) perusahaan yang kemudian menjadi kliennya. Dengan mempekerjakan 22 orang, SmithBucklin berusaha untuk memberikan hasil yang terbaik kepada para kliennya.

Seiring dengan performa yang menakjubkan, jasa SmithBucklin semakin dikenal secara luas dan hasilnya semakin banyak perusahaan yang mempercayakan tugas-tugas administrasinya kepada perusahaan jasa asosiasi manajemen ini. Kini, SmithBucklin menangani tugas-tugas dari 235 perusahaan yang terdiri dari perusahaan perdagangan, teknologi, kelompok profesional, instansi pemerintah, dan lembaga swadaya masyarakat.

Sebagai perusahaan jasa yang bergerak di bidang administratif, SmithBucklin tidak hanya sekedar mengerjakan tugas-tugas administrasi dari kliennya, tetapi juga berperan sebagai konsultan. Dalam peranan ini, SmithBucklin membantu para kliennya untuk mengelola dan mengendalikan aset dan finansial perusahaan agar mampu menghadapi gejolak dan krisis ekonomi yang menghadang. Selain itu, SmithBucklin juga membantu para kliennya dalam mengelola aset sehingga bisa mendukung iklim persaingan bisnis yang semakin ketat.

sumber : Jubilee Enterprise, 2009

No comments:

Post a Comment