Budidaya Ikan Hias : Dwarf Gouramy (Colisa lalia)

Dwarf Gouramy


Dwarf Gouramy (Colisa lalia) merupakan ikan sepat cantik yang berasal dari India. Ukuran tubuh maksimalnya sekitar 7 cm. Sifatnya omnivora. Suhu optimal untuk pemeliharaan antara 26-28° C; pH 6,5-7,0; dan kekerasan 6-9° dH.


Jantannya berwarna biru menarik dengan garis merah indigo pada daerah bawah atau perutnya. Kalau akan memijah, di bagian perutnya terdapat garis-garis merah diagonal. Sirip punggungnya merah dan Sirip lainnya orange dengan titik-titik biru. Sementara betina berwarna kuning cerah dan siripnya lebih membulat.


Cara memijah ikan ini hampir sama dengan ikan sepat lain hanya saja sarang busanya membutuhkan tanaman air yang, mengapung untuk menempelkannya. Induk jantan dan betina dapat dicampurkan dan dapat berpijah secara masal dengan perbandingan 1 : 1. Telurnya bersifat mengapung sehingga jantan tidak sulit memasukkannya ke sarang.


Betina sebaiknya diambil setelah selesai memijah, sedangkan jantan diambil bila larvanya sudah bisa berenang.
Telur akan menetas dalam waktu satu hari dan berenang bebas pada umur seminggu. Larvanya dapat diberi pakan infusoria setelah berenang atau keluar dari sarang. Dua atau tiga hari kemudian, larva dapat diberi kutu air saring dan selanjutnya kutu air besar. Untuk ikan dewasa dapat diberi cacing sutera atau pelet.



Ikan ini akan menjadi induk setelah berumur sekitar enam bulan. Ukuran jualnya setelah mencapai 2,5 cm atau berumur empat bulan.


sumber : Darti S.L dan Iwan D. Penebar Swadaya, 2006

No comments:

Post a Comment