Budidaya Ikan Hias : Thick Lipped Gouramy (Colisa labiosa)


Thick Lipped Gouramy

Thick Lipped Gouramy (Colisa labiosa) merupakan ikan asli dari Birma. Walaupun dengan nama dagang gouramy, tetapi sebenarnya ikan ini termasuk jenis ikan sepat. Panjang tubuhnya dapat mencapai 8 cm. Sifatnya omnivora. Suhu optimal untuk pemeliharaannya sekitar 26-28° C; pH 6,.5-7,0; dan kekerasan 7-10 dH.

Ikan ini berwarna cokelat bergaris biru di sepanjang tubuhnya. Sirip punggungnya biru sedikit orange, sirip perut kuning biru dengan ujung merah, dan ekornya biru. Warna ikan betina kurang cerah, terutama pada sirip yang sangat pudar.

Perkembangbiakannya seperti pada ikan labirin lain, yaitu induk jantan membuat sarang dari busa dan akan memijah setelah betina dicampurkan. Namun, induk betina pada ikan ini meletakkan telurnya dalam sarang busa tanpa dijatuhkan. Ini disebabkan telurnya mengapung sehingga induk jantan hanya menungguinya saja.

Induk betina dapat diambil setelah memijah, sementara jantan akan merawat larva hingga bisa berenang.
Telur akan menetas setelah sehari dan berenang bebas setelah 5-6 hari. Pakan larva yang baru menetas berupa infusoria. Beberapa hari berikutnya larva dapat diberi kutu air saring.

Pembesarannya dapat dilakukan dalam bak atau akuarium. Pakannya berupa cacing sutera atau cuk. Pakan pelet ukuran kecil pun dapat diberikan. Pertumbuhan ikan sangat tidak seragam sehingga sortasi ukuran diperlukan setidaknya setiap tiga minggu. Pemeliharaan dapat dicarnpurkan antara jantan dan betina karena ikan tidak bersifat agresif.

Aerasi tidak diperlukan karena termasuk ikan labirin. Pergantian air pun tidak harus terlalu sering, cukup 2-3 hari sekali. Ikan ini dapat dijual kalau sudah berukuran 4 cm atau berumur 2,5 bulan.

sumber : Darti S.L dan Iwan D. Penebar Swadaya, 2006

No comments:

Post a Comment