Percantik Rumah dengan Akuarium

Percantik Rumah dengan Akuarium



Saat ini kehadiran akuarium sudah semakin diperhitungkan. Keberadaannya tak hanya mampu menenangkan jiwa, tapi juga bisa membuat rumah tampak lebih cantik dan menarik.

Menurut arsitek Rosi Rahadi, sebenarnya sudah sejak lama keberadaan akuarium di dalam rumah diperhitungkan. Selain karena efeksensasiasinya yang bening, kegiatan "penghuni" akuarium yang dinamis, juga sanggup membuat suasana ruang menjadi tidakkosong. Tempat tinggal ikan hias itu memang kerap dianggap mampu mengubah ruang yang masih menjadi lebih "hidup".

Namun, hal tersebut bisa saja tidak terjadi tatkala si empunya rumah kurang memahami tata cara peletakan akuarium agar tak merusak estetika ruangan idealnya, letakkan akuarium di tempat-tempat yang regarif, dalam arti tempat-tempat yang kurang memliliki aktivitas. Atau, kita juga boleh memanfaatkan akuarium kecil berbentuk sepermpat bola, lalu ditempel di dinding. Biasanya akuarium itu diisi seekor atau sepasang ikan saja.

Peletakan sudah tepat, kini tinggal mrmikirkan tata percahayaannya karena akuarium juga memiliki fungsi penerangan ruang.Ya, akuarium dapat dimafaatkan sebagai alat penerangan buatan untuk bagian yang gelap dan kekurangancahaya alami, atau dijadikan alat penerangan pada ruang yang kerap digelapkan saat penghuni rumah sedang tidur, semisal ruang tamu dan ruang keluarga.

Efek cahaya merupakan salah satu elemen pendukung akuarium yang bisa mengubah tampilan ruangan menjadi lebih menarik. Caranya, sebut Rosi, letakan lampu akuarium seolah-olah tersembunyi atau tidak terlihat secara langsung. "Jadi.lampu itu gunanya untuk menjadikan akuarium bagai memiliki cahaya sendiri.atau dengan kata lain membuat akuarium menjadi bercahaya,"imbuh Rosi.

Sesuaikan ukuran lampu dengan besar akuarium. Begitu pula dengan warna lampu, perlu disesuaikan dengan tema ruangannya, yang sekaligus berfungsi sebagai UV buatan bagi kelangsungan hidup penghuni akuarium tersebut. Cara kreatif lain, buat cahaya akuarium dengan meletakan lampu di langit-langit tetapi yang bisa tembus pandang keruang di bawahnya.

Tipe Minimalis

Kita tahu, bentuk dan ukuran akuarium cukup beragam. Ada yang berbentuk kotak, lonjong, persegi panjang, bahkan bulat seperti stoples. Sedangkan untuk ukuran yang kecil hingga paling besar. Ada pula akuarium yang hanya berukuran sebesar stpoles. Walaupun terlihat kecil, jenis stoples ini mampu mempengaruhi keindahan sebuah ruangan.

Menurut Rosi, akuarium kecil ini sangat lazim digunakan pada hunian bergaya minimalis. Jenis akuarium ini bisa memberi efek pembeda dari elemen disekelilingnya. Sifatnya yang cenderung kontras dan transparan sangat pas diaplikasikan pada bagian ruang yang masif, sederhana, atau sepi. Efek ini biasanya timbul dari sesuatu yang kecil di antara yang besar atau sedikit. Itu merupakan salah satu teori dalam desain minimalis. "Yakni sesuatu yang kecil atau sedikit namun sangat terasa pada ruang yang sederhana. Letaknya pun bisa jadi tidak lazim." imbuhnya.

Akuarium tipe minimalis biasanya menggunakan frame yang sederhana, bahkan bisa dibilang tidakmemiliki motif ataupun frame. Hal ini berbading terbalik dengan akuarium tipeetnik. Jenis akuarium ini sering menggunakan frame berbahan kayu berukir. Begitu pula akuarium berdesain klasik. Pada akuarium model ini frame yang digunakan memiliki lebih banyak detain.

"Jenis akuarium etnik dan klasik dapat menggunakan tempat seperti halnya meja akuariu. Namun untuk gaya minimalis, teknik peletakannya lebih bebas," ujar Rosi.


sumber : http://www.dkp.go.id

No comments:

Post a Comment